Posted by : Muhammad Gaddafi Tuesday, 5 April 2011

Yang membedakan pasukan-pasukan khusus tentara Amerika dan tentara lain pada umumnya adalah ternyata mereka tidak pernah pake jam tangan biasa. Jam yang mereka pakai adalah jam tangan yang mereka pesan khusus dari swiss dengan beberapa kriteria.

Seperti kita ketahui bersama bahwa kelengkapan alat-alat kemiliteran begitu banyak, misalnya mereka harus punya perangkat yang tahan air, tahan guncangan, tahan api dan sebagainya. Salah satu perangkat yang paling penting dalam tentara-tentara ini melaksanakan misinya adalah jam tangan. Kenapa jam tangan? Karena ketepatan waktu merupakan salah satu kunci sukses dalam pertempuran mulai dari penyerangan, pengintaian, pertahanan dan kegiatan penyergapan.

Jam yang banyak digunakan oleh tentara-tentara ini adalah jam yang menggunakan Micro Gas Lights dimana dengan teknologi ini, jam yang para tentara pakai ini dapat menyala secara otomatis pada keadaan gelap tanpa perlu pencet-pencet tombol untuk bisa dinyalakan lebih lama. Teknologi ini bisa membuat pasukan khusus tentara Amerika Serikat bisa melihat waktu dengan jelas pada malam hari.

Micro Gas ini juga disebut Tritium, dimana gas tritium sebagai sumber cahaya mengalami peluruhan beta, melepaskan elektron yang menyebabkan Gas Tritium ini Menyala. Kok bisa menyala? Selama pembuatan, panjang tabung gelas borosilikat yang memiliki permukaan bagian dalam dilapisi dengan fosfor yang mengandung senyawa dipenuhi dengan radioaktif tritium. Tabung kemudian menyatu dengan laser CO2 pada panjang yang dikehendaki. Borosilikat digunakan untuk kekuatan dan ketahanan terhadap kerusakan. Dalam tabung, tritium memberi dari aliran elektron akibat peluruhan beta, akibatnya Gas Tritium ini menyala, dan bisa tahan sampai 25 tahun.

Nah sudah banyak angkatan bersenjata yang memesan khusus dari perusahaan-perusahaan pembuat jam di Swiss yang menyediakan jam dengan bahan Tritium didalamnya, selain tahan lama jam yang dipakai oleh tentara juga harus tahan berbagai macam keadaan, dan tentu saja jam tangan mereka terlihat sangat keren.


sumber 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Makassar Guide

Makassar Guide

Followers

- Copyright © 2013 DafiDF -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -