Posted by : Muhammad Gaddafi Monday, 2 May 2011

Sebenarnya sudah sejak lama beredar film maupun video zeitgeist ini dan mungkin anda sudah pernah melihatnya. Film/video ini terdiri dari 3 bagian. Yg pertama adalah pembahasan religi dimana membahas yesus hanyalah sebuah mitos belaka dan hanya mengkopi dari kisah horus, dewa matahari mesir kuno. Bagian kedua membahas tentang konspirasi serangan 9/11 ke gedung WTC yang "katanya" dilakukan oleh Teroris internasional. Yang terakhir adalah pembahasan tentang keadaan ekonomi dunia pada saat ini.
Dan yang akan saya bahas sekarang adalah mengenai bagian pertama.


Bagi anda yang belum pernah melihat film atau videonya dapat anda lihat di link di bawah ini :

Zeigeist part 1
Zeigeist part 2
Zeigeist part 3

Bagaimana menurut anda tentang tayangan tadi?

Mungkin untuk orang awam akan menjadi sebuah hal yang mengejutkan dan tidak disangka sangka, namun jika kita mau lebih kritis dan teliti akan banyak sekali kejanggalan kejanggalan yang terdapat pada tayangan tersebut.
Berikut ini saya akan memaparkan kesamaan antara horus dan yesus pada tayangan tersebut dan juga hasil penelusuran saya untuk membantah tayangan tersebut. (saya juga akan menambahkan sedikit hal2 yang terkait dengan hal ini yang dipaparkan oleh oknum2 anti-christ)
Berikut pembahasannya :

a) Horus dan Yesus sama sama dilahirkan pada tanggal 25 desember

Horus : Horus mempunyai 3 versi tanggal kelahiran dan 25 desember adalah personifikasi matahari, dimana pada tanggal itu saat matahari mulai bergerak lagi dari diam selama 3 hari dan membawa musim semi pada awal bulan januari.

Yesus : Konsili nicea pada tahun 325M, kaisar romawi constantin melantik yesus jadi Tuhan dan menetapkan 25 desember sebagai natal.
Ya itulah kenyataan sejarah. Jika yesus dilantik menjadi Tuhan,apakah berarti sebelumnya dia bukan Tuhan?
Apakah dia memang manusia biasa yang memang adalah ISA AS dalam islam?
Dan bukankah bangsa romawi yang menciptakan ilmu perbintangan rasi rasi bintang?
Hanya sebuah opini dari saya saja, "mungkin" mereka mereka ini yang telah merubah sejarah dan menyelewengkan hampir semua ajaran dan kitab yesus? Saya tidak akan membahas hal ini disini. Tergantung bagaimana kalian berpikir.
Kembali ke tanggal kelahiran yesus yang sebenarnya.
Menurut lukas 2:1-8 :
". . .Ketika mereka sampai disitu tibalah waktunya maria bersalin dan ia melahirkan seorang anak laki2, anaknya yang sulung, lalu di bungkusnya dengan lampin dan dibaringkan di dalam palungan. Karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. di daerah itu ada gembala - gembala yang tinggal di padang menjaga ternak mereka pada waktu malam"

menurut matius 2 : 10 :
"ketika mereka (orang majus) melihat bintang itu sangat bersuka citalah mereka"

dari 2 gambaran diatas yang ditandai bintang di langit dan gembala yang menjaga kawanan domba yang sedang lepas bebas di padang rumput beratapkan langit dengan bintang bintang yang gemerlapan, jelas menunjukkan suasana musim panas, sehingga para gembala berdiam di padang rumput dengan domba mereka untuk menghindari sengatan matahari pada siang hari
jadi tanggal 25 desember sangat tidak mungkin karena tanggal segitu suhu udara di kawasan palestina sangatlah rendah sehingga tidak mustahil salju turun.

b) Horus dan Yesus sama sama dilahirkan dari seorang perawan

Horus tidak dilahirkan oleh seorang perawan, dan bila ada sumber sumber yang mengatakan bahwa Isis (ibu horus) adalah perawan, hal ini perlu di ragukan.
Isis kawin dengan osiris dan Tidak ada petunjuk isis tetap perawan, yang disamakan adalah kelahiran horus yang aneh, sebab osiris dibunuh oleh seth dan potongan mayatnya di sebarkan dalam 14 potong lalu oleh isis dikumpulkan kembali dan ia berhubungan dengan osiris dan melahirkan horus.
Ada versi lain yang menyebutkan bahwa potongan mayat itu ada yang kurang yaitu kemaluan/penis, yang kemudian di gantikan dengan kemaluan yang terbuat dari emas.
Jelas apabila telah berhubungan intim,berarti isis sudah tidak perawan lagi.

Ada pula yang mengatakan bahwa neth/neith adalah sosok yang bertindak sebagai roh kudus.
Ini salah, karena neith adalah pencipta alam dan matahari, yang berarti dia adalah ibu dari "Ra (dewa matahari)".

c) Kelahiran keduanya ditandai munculnya bintang di timur

dalam kisah horus tidak ditandai dengan munculnya bintang di timur, pembuat film zeitgeist mengkaitkannya dengan konstelasi orion dimana di pinggangnya terdapat deretan tiga bintang lalu mengkaitkannya dengan tiga orang majus dari timur dan orion di anggap sebagai bintang horus.
Konstelasi orion yang dimaksud dalam mitologi mesir adalah rasi osiris dan bintang yang paling terang yaitu sirius adalah bintang isis, dan tidak pernah ada yang menyebutnya horus, karena horus adalah personifikasi dari matahari.

Injil juga tidak menyebut adanya tiga orang majus, mitos horus juga tidak menyebut soal perang bintang dan malaikat. Bintang 3 yang berjejer yang disebut tiga raja tidak pernah ada dalam kelahiran horus dan yesus.
Dalam injil menjelaskan :

"now when jesus was born in betlehem of judae in the day of herod the king behelel, there are wise men from the east to jerusalem. . . ." (matthew 2 : 1-2 KJV)

tidak ada kata "king" yang berarti "raja" melaikan "wisemen" atau orang bijak, dan tidak ada kata yang menunjukkan bahwa mereka berjumlah 3 orang.

d) Horus dan Yesus melayani di kuil mulai umur 12 dan tidak ada kabar hingga umur 30 tahun

tidak ada mitos horus yang mulai melayani kuil pada umur 12 tahun dan berkhotbah di kuil. Hanya ada mitos "Horus the child" tapi bukan sebagai seorang guru dan hingga dia siap memerintah mesir, isis menyembunyikannya di rawa papyrus.
Yesus juga tidak menghilang dari umur 12 - 30, dia bekerja di nazaret membantu ayahnya sebagai tukang kayu.

e) Horus dan Yesus sama2 mempunyai 12 murid

horus hanya mempunyai 4 murid yang disebut "heru shemsu" yang beranggotakan hapi, tuamutef, mestha/amset dan qebhsennuf.
Ada pula 16 pengikut yang lain yang disebut "mesnui/tukang besi" yang mendampinginya saat perang namun tidak dijelaskan tentang jumlahnya.

f) Keduanya dikhianati muridnya (horus dikhianati taifun, yesus dikhianati yudas), kemudian disalibkan dan dikubur selama 3 hari kemudian bangkit

taifun/typhon tidak mengkhianati horus karena taifun adalah seth, saingan sekaligus pamannya. Horus tidakpula disalib dan dikuburkan selama 3 hari, ada versi mitos mesir yang menyatakan bahwa horus di potong2 dan potongan disebarkan dan dikumpulkan lagi oleh isis sama seperti waktu osiris.
Ada juga yang menyatakan bahwa horus hanya terluka matanya saja saat berperang.
Terlihat banyak versi dan kerancuan dalam mitologi mesir.

g) Yesus disebut anak Allah, horus di sebut anak dewa

dalam mitologi mesir horus adalah anak osiris dan isis yang dianggap sebagai dewa dewi, sekalipun yesus disebut anak allah, tidak pernah disebut sebagai dewa, ayah dan ibunyapun hanya manusia biasa bukan dewa dewi

h) horus mempunyai ibu isis-meri dan ayah seb, yesus mempunyai ibu maria dan ayah joseph. (nama yang hampir sama)

isis memang mempunyai julukan meri atau "mr-ee" dalam bahasa mesir yang berarti "yang dikasihi", tetapi hanyalah julukan, bukan nama.
Dan seb adalah nama ayah osiris berarti seb adalah kakek dari horus.
Nama ibu yesus adalah mariam dan ayahnya joseph.
Joseph adalah bahasa ibrani/aram dan bukan bahasa mesir.

i) keduanya dilahirkan dari keturunan raja

yesus adalah keturunan tukang kayu dan jika disebut sebagai keturunan raja daud ini terlalu jauh, berselang 1 milenium/ 1000tahun, terlalu jauh untuk disebut keturunan.
Horus mempunyai orang tua dewa dewi sedangkan maria dan joseph adalah manusia biasa.

j) kelahiran keduanya adalah di gua dan disaksikan oleh para gembala

mitos horus tidak lahir di goa, jika anda percaya horus lahir di goa coba anda cek ke sumber lainnya.
Horus lahir di rawa rawa dan rawa adalah tempat yang tidak biasa untuk menggembalakan domba dan yesus dilahirkan di kandang/di palungan bukan d goa

k) keduanya saat kelahiran terancam rencana pembunuhan

horus memang kelahirannya dalam rencana pembunuhan seth karena perebutan kekuasaan atas mesir, dan memang yesus ingin dibunuh oleh herodes.
Meskipun keduanya melibatkan pembunuhan, alasan dan skenario keduanya berbeda,dan sudah umum dimana mana terdapat plot pembunuhan terhadap pesaing.

l) horus bergelar KRST (yang diurapi) seperti yesus yang bergelar kristus

kata "KRST" dalam kosakata mesir berarti penguburan.
Dan ini bukan gelar dan tidak ada mitos horus mengkaitkan dengan kata KRST Dengan horus apalagi horus tidak dikubur tapi mayatnya di potong2 dan di buang kedalam air.

m) Keduanya melakukan mukjizat berjalan di atas air dan membangkitkan lazarus

dalam mitos horus walaupun melakukan banyak mukjizat namun tidak disebutkan berjalan di atas air. Teori tersebut di kaitkan dengan soso "oannes" yang muncul dari air pada siang dan masuk lagi ke air pada malam hari.
Horus juga tidak membangkitkan el-osiris yang diplesetkan menjadi el-azarus yang kemudian disamakan dengan lazarus. Yang membangkitkan osiris adalah isis sebelum horus dilahirkan.

Kesimpulan
teori mitos yesus hanya membandingkan kesamaan dan mencocokannya.
Yang menarik mengamati konspirasi "anti-christ" ini adalah adanya kebohongan yang direkayasa dan disebar luaskan sebagai kebenaran tanpa ada bukti ilmiah, kemudian kebohongan itu terus dipopulerkan dan jika kita lihat di internet sekarang sangatlah banyak yang memposting dengan asal kopi paste saja tanpa ada kemauan menyelidiki kebenarannya dan inilah sebuah kesalahan yang sangat fatal.

Saya tidak meminta anda mepercayai hasil penelusuran saya, saya hanya menyapaikan bukti2 yang menurut saya benar. Terimakasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan


Sumber :
yabina.org part 2
yabina.org part 3
voa-islam
halexandria
bibliotecapleydes
egyptianmyths
ancientegyptonline
philvaz
wikipedia

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

- Copyright © 2013 DafiDF -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -